Rabu, 06 Juni 2012

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia ---Membuat surat lamaran kerja bisa dibilang susah-susah gampang. Susah manakala kita harus menggunakan bahasa dan penulisan yang baik dan benar, dan terasa gampang karena ia berbentuk bahasa tulisan yang artinya jauh lebih toleran dari bahasa lisan. Setidaknya kita masih bisa merangkai kata yang bagus untuk menyampaikan maksud dan tujuan kita melalui surat lamaran kerja.

Surat Lamaran Kerja
Dan pada Artikel Karir berikut ada beberapa tips dan contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Indonesia yang bisa kamu praktekkan.

Judul Surat (Subject)
  • Contoh judul surat bisa seperti: "Perihal: Lamaran Pekerjaan"
Tujuan Surat
  • Tujuan surat terdiri dari nama atau jabatan penerima Surat dan alamatnya. Nama atau jabatan penerima surat bisa menggunakan, "Manajer Sumber Daya Manusia, Manajer HRD, Personalia, dan lain-lain". Alamat tujuan surat seperti "PT. Kembang Kempis Jalan Nipis No 13 Pasar Kamis Jakarta Timur"
Salam Pembukaan
  • Sebagian besar Surat Lamaran Kerja menggunakan kata-kata, "Dengan hormat"
Sumber Info Lowongan Kerja
  • Sebagian surat menjadikan info sumber lowongan kerja sebagai pembukaan surat. Sumber Info Lowongan Kerja bisa berasal dari iklan koran, rekomendasi seseorang, dan lainnya.
Maksud dan Tujuan
  • Pada bagian ini kita menyampaikan maksud dan tujuan kita melalui Surat lamaran Kerja. Tentunya maksud ini disampaikan karena adanya Sumber Info Lowongan Kerja diatas. Pada bagian ini bisa juga ditulis jabatan atau bagian pekerjaan yang kita inginkan.
Profil dan Data Diri
  • Pada bagian ini kita sampaikan sedikit detail identitas kita. Seperti nama, tempat dan tanggal lahir, hingga alamat kontak kita. Bisa juga ditampilkan dalam bentuk list sederhana dan proporsional, dan bisa juga ditulis dalam bentuk keterangan, seperti "Saya adalah lulusan sekolah ini, mudah belajar dan siap bekerja keras, baik inividual maupun teamwork"
Bagian Lampiran
  • Bagian lampiran juga merupakan bagian penting yang harus ditulis di surat lamaran kerja. lampiran ini untuk memperkuat apa yang telah kita sampaikan pada Profil dan Data Diri. Pada lampiran inilah semua akan dijelaskan secara detail tentang kita dan latar belakangnya. Lampiran bisa berupa CV (Curriculum Vitae), Ijazah, pas foto dan lainnya.
Harapan dan Keinginan
  • Bagian Surat ini bisa dituliskan tentang harapan dan keinginan kita setelah Surat Lamar Kerja ini diterima dan dibaca oleh orang atau staf yang dituju.
Penutup Surat
  • Tidak ada yang spesifik dari bagian penutup. Hal yang lazim digunakan orang sebagai penutup dalam urat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia biasanya menggunakan kata "Demikianlah" yang dilanjutkan dengan "Hormat Saya" plus tanda Tangan dan nama yang jelas.
Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia
Dari semua bagian surat diatas, maka kita bisa Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia seperti berikut:
Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer HRD
PT. Kembang Kempis
Jalan Nipis No 13 Pasar Kamis
Jakarta Timur.

Dengan hormat,

Bapak Anton Sihombing, seorang asisten editor di PT. Kembang Kempis, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Divisi Finansial PT. Kembang Kempis untuk menduduki beberapa posisi akuntan dan staf keuangan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Kembang Kempis tersebut.

Mengenai profil dan data diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut:

  • Nama : ......................................
  • Tempat dan Tanggal lahir : ......................
  • Pendidikan Akhir : ..........................
  • Alamat : ....................................
  • Telepon (HP) : ..............................
  • Alamat Email : ....................................
  • Status Perkawinan : .........................
Saat ini saya bekerja di PT. Bank Root Entertainment, sebagai staf Pembukuan dan Perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang entri data keuangan dan perpajakan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan juga:

  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Foto copy ijazah S-1
  • Foto copy sertifikat kursus/pelatihan/peghargaan
  • Pas foto terbaru
Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya seperti yang tertulis di Curriculum Vitae. Serta apa saja yang bisa saya jelaskan dari latar belakang pendidikan, pengalaman, dan potensi saya dalam bekerja.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,


Gaya Asli Blogspot
Silahkan untuk mengembangkan contoh surat lamaran kerja diatas sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari surat lamaran kerja itu sendiri.

Demikianlah Artikel Karir kali ini tentang Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia beserta contohnya. Baca juga Artikel karir sebelumnya tentang Tipe Rekan Kerja Yang Bikin Malas Bekerja. Moga bermanfaat dan sukses selalu!

Tidak ada komentar:

ARTIKEL TRAVEL TERBARU
ARTIKEL KULINER TERBARU
ARTIKEL KARIR TERBARU
ARTIKEL KECANTIKAN TERBARU
ARTIKEL HOBI TERBARU ARTIKEL HIBURAN TERBARU