Selasa, 15 Mei 2012

Pengaturan Kamera Untuk Memotret di Malam Hari

Pengaturan Kamera Untuk Memotret di Malam Hari ---Waktu siang merupakan waktu terbaik untuk memotret atau mengambil gambar. Ini dikarenakan ketersediaaan cahaya yang cukup untuk menghasilkan kualitas foto yang baik. Namun sebagai penikmat hobi fotografer, keadaan yang kekurangan cahaya atau pada malam hari bukanlah suatu tantangan untuk mengambil foto. Ini dikarenakan merea sudah memahami jenis dan pengaturan kamera yang mereka gunakan. Dan pastinya seorang fotografer memahami cara Pengaturan Kamera Untuk Memotret di Malam Hari.

Memotret di Malam Hari
Berikut beberapa hal yang dilakukan sebagai Pengaturan Kamera Untuk Memotret di Malam Hari.

Mengatur Kecepatan ISO
  • ISO adalah angka yang digunakan untuk mengukur sensitivitas film dan jumlah cahaya yang diperlukan kamera untuk menangkap foto. Jika ingin memotret di malam hari atau ditempat yang kekurangan cahaya, maka yang diperlukan adalah pengaturan ISO yang tinggi pada kamera.
Mengatur Aperture dan Shutter Speed
  • Aperture adalah lubang pada lensa yang mengizinkan cahaya masuk. Biasanya, kamera dengan aperture tinggi harganya lebih mahal karena kemampuannya menangkap cahaya lebih besar ketika memotret. Baca: Tips Memilih Kamera DSLR yang Cocok. Selain itu, shutter speed juga mempengaruhi hasil foto di tempat yang urang cahaya seperti pada malam hari. Apabila shutter speed bergerak perlahan, maka cahaya yang ditangkap juga semakin banyak. Namun perlu diatur secara proporsional juga. Karena pergerakan yang lambat dari shutter speed biasanya menyebabkan gambar menjadi sedikit buram.
Mengatur Flash Kamera
  • Penggunaan flash pada kamera sudah menjadi keharusan untuk Memotret di Malam Hari. Belum lagi jika kamera tidak dilengkapi pengaturan Aperture dan shutter speed. Sayangnya, penggunaan flash biasanya berpengaruh pada efek gambar yang dihasilkan. Sering kan liat foto yang katanya ada bayangan hantu? itu merupakan salah satu bentuk efek yang timbul akibat cahaya flash.
Mengatur Stabilitas Kamera
  • Ini kembali ke skill masing-masing orang saat mengambil foto. Jika kamera yang kta gunakan bergerak saat mengambil foto, maka hasilnya tidak akan bagus. Gunakan tripot (kaki tiga) kamera untuk mengambil foto. Jika menekan shutter juga bakal menimbulkan goyang, coba pakai alternatif timer untuk Memotret di Malam Hari.
Mengatur Format Penyimpanan Foto
  • Jarang ada hasil foto dengan cahaya minim seperti memotret di malam hari akan menghasil kualitas foto yang bagus. Karenanya perlu mendapat sedikit sentuhan aplikasi pengolah foto. Untuk itu, disarankan menyimpan foto dalam format RAW, bukan JPEG. Ini untuk memudahkan pengeditan nantinya.
Ternyata tidak hanya jenis kamera yang canggih dan mahal saja, maka sudah bisa dipastikan bisa mengambil gambar baik. Masih perlu beberapa Pengaturan Kamera Untuk Memotret di Malam Hari sehingga bisa menghasilkan kualitas foto yang bagus.

Demikianlah Artikel Hobi kali ini. Moga bermanfaat dan have a nice day!

Tidak ada komentar:

ARTIKEL TRAVEL TERBARU
ARTIKEL KULINER TERBARU
ARTIKEL KARIR TERBARU
ARTIKEL KECANTIKAN TERBARU
ARTIKEL HOBI TERBARU ARTIKEL HIBURAN TERBARU